Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mahasiswa KKN – MB 106 Berpartisipasi Meriahkan Kirab Maulid dan Syrokolan di Pondok Pesantren Al Kholwat

 


Kedungrejo, 29 September 2024 – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Institut Agama Islam Negeri Kudus berpartisipasi aktif dalam kirab Maulid Nabi Muhammad SAW yang diselenggarakan oleh Pondok Pesantren Al Kholwat  pada tanggal 21 September 2024. Acara ini dihadiri oleh puluhan santri, warga, dan tokoh masyarakat setempat.

 

Kirab Maulid menjadi puncak dari rangkaian kegiatan yang diadakan dalam memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW. Para mahasiswa KKN, yang berjumlah 13 orang ikut berpartisipasi dalam kirab tersebut dengan semangat tinggi serta bergabung bersama santri dan warga.

 

Pimpinan Pondok Pesantren Al Kholwat, Gus MH. Munawir Zarkasyi, Spdl , mengungkapkan rasa syukur atas kehadiran mahasiswa KKN. "Kegiatan ini tidak hanya untuk memperingati Maulid, tetapi juga untuk mengedukasi generasi muda tentang pentingnya meneladani akhlak Nabi Muhammad," ujarnya. Ia berharap, kolaborasi antara mahasiswa dan pondok pesantren dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat.

 

Salah satu mahasiswa KKN, Anisatul Azizah, mengatakan bahwa mereka merasa terhormat bisa berpartisipasi dalam acara ini. "Kami berupaya untuk memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat dan memperkuat nilai-nilai keagamaan," tuturnya.

 

Kirab dimulai dari kompleks pondok pesantren Al Kholwat dan berkeliling dukuh Kedungjago desa Kedungrejo, dengan iringan rebana  yang melantunkan sholawat serta doa-doa yang dipanjatkan oleh para santri. Dalam kirab ini juga terdapat 4 gunungan yang berisi sayur dan buah sebagai bentuk rasa Syukur mereka dari hasil bumi di Desa Kedungrejo, terutama Kedungjago serta beberapa makanan pokok.

Suasana meriah terlihat jelas saat anak-anak dan para warga desa ikut berebut gunungan yang ada. Selain gunungan yang berisi sayur dan buah juga terdapat balon-balon yang diisi dengan uang. Acara ditutup dengan makan bersama di Pondok Pesantren Al Kholwat yang dipimpin oleh Gus MH.

 

Kegiatan kirab Maulid ini tidak hanya memperkuat hubungan antara mahasiswa dan pondok pesantren, tetapi juga mempererat tali silaturahmi antara masyarakat. Diharapkan, melalui kegiatan seperti ini, semangat kebersamaan dan nilai-nilai keagamaan dapat terus terjaga dan berkembang di tengah masyarakat.


Pewarta : Mahasiswa KKN-MB 106 IAIN Kudus