Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Langkah Awal Mencetak Kader Organisatoris Santri: PK IPNU-IPPNU Asnawiyyah Gelar Pelantikan


Pilangwetan
, jendelapelajar.or.id - Menjadi hari bersejarah bagi Pondok Pesantren Asnawiyyah, Pilangwetan, Kebonagung, Demak. Pada hari ini, Ahad 25 Agustus 2024 digelar pelantikan kepengurusan Pimpinan Komisariat (PK) IPNU-IPPNU masa khidmat 2024-2025. Acara yang berlangsung khidmat dan penuh makna ini turut dihadiri oleh jajaran PC IPNU dan IPPNU Kabupaten Demak serta keluarga besar PPTQ Asnawiyyah.

Dalam sambutannya, Sekretaris PC IPNU Demak, Ahmad Faiz Yahya, menyampaikan rasa terima kasih yang mendalam kepada pihak pesantren yang telah menerima kehadiran dan pembentukan Pimpinan Komisariat di lingkungan Pondok Pesantren Asnawiyyah. Ia menegaskan bahwa pembentukan Komisariat ini merupakan langkah awal dalam pengawalan organisasi di pondok pesantren, yang nantinya akan menjadi pondasi penting dalam pembentukan karakter dan keterampilan berorganisasi bagi santri.

"Kami dari PC IPNU dan IPPNU Kabupaten Demak berterima kasih kepada keluarga besar PPTQ Asnawiyyah yang sudah mau menerima kehadiran dan pembentukan Pimpinan Komisariat di Pondok Pesantren. Ini adalah langkah awal IPNU IPPNU Demak dalam pengawalan komisariat khususnya di Pondok Pesantren," ujar Ahmad Faiz Yahya.

Ia juga menekankan pentingnya santri untuk belajar berorganisasi. Menurutnya, selepas khatam dari pondok pesantren dan terjun ke masyarakat, santri tidak hanya cukup dengan ilmu agama, namun juga perlu dibekali dengan kemampuan berorganisasi yang nantinya akan sangat bermanfaat dalam kehidupan bermasyarakat.

"Santri juga harus belajar berorganisasi, karena selepas khatam dari ponpes dan terjun ke masyarakat, santri tidak hanya berbekal ilmu agama, tapi juga berbekal ilmu berorganisasi yang sangat bermanfaat di masyarakat nantinya. Kami ucapkan selamat atas terlaksananya pelantikan kepengurusan Komisariat IPNU dan IPPNU Ponpes Asnawiyyah Pilangwetan Kebonagung. Semoga amanah dan semangat dalam ikut serta menyebarkan Islam yang Ahlussunah Wal Jama'ah An Nahdliyah,"* tambahnya.

Pelantikan ini tidak hanya menjadi momentum penting bagi Pondok Pesantren Asnawiyyah, tetapi juga bagi Kabupaten Demak. PK IPPNU Pondok Pesantren Asnawiyyah tercatat sebagai komisariat pesantren IPPNU pertama yang ada di Kabupaten Demak, menandai sejarah baru dalam perjalanan organisasi pelajar di lingkungan pesantren.

Dengan dilantiknya kepengurusan baru ini, diharapkan semangat baru dalam berorganisasi dan berkhidmat kepada agama dan masyarakat semakin terpupuk di kalangan santri Pondok Pesantren Asnawiyyah. Semoga amanah yang diemban dapat dijalankan dengan penuh tanggung jawab, serta dapat memberikan kontribusi nyata dalam menyebarkan ajaran Islam yang rahmatan lil 'alamin.

Pewarta: M. Syamsul Ma'arif