Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

KH Abdul Ghaffar Rozin Tegaskan Komitmen PWNU Jawa Tengah Jalankan Amanah PBNU


Semarang, jendelapelajar.or.id
- Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Tengah, KH Abdul Ghaffar Rozin, menegaskan komitmennya untuk melaksanakan segala perintah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dalam pelantikan yang berlangsung di Auditorium Universitas Islam Sultan Agung (Unissula), Jalan Kaligawe Raya Terboyo Kulon, Genuk, Kota Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (3/8/2024).

Dalam sambutannya, KH Abdul Ghaffar Rozin atau yang akrab disapa Gus Rozin, menekankan bahwa seluruh langkah yang diambil oleh PWNU Jawa Tengah adalah demi menjalankan amanah dari PBNU, termasuk menjaga dan menegakkan konstitusi NU. "Apa yang dilakukan PWNU Jawa Tengah adalah menjalankan amanah dari PBNU, termasuk menjaga konstitusi NU," tegasnya.

Gus Rozin menjelaskan bahwa tidak ada pilihan lain selain menerjemahkan visi, misi, dan program PBNU di tingkat Jawa Tengah. Menurutnya, ini adalah kunci untuk membangun NU yang lebih besar dan kuat di wilayah tersebut. "Untuk membangun NU besar, kita harus menerjemahkan visi, misi, dan program PBNU di level Jawa Tengah, dikontekstualisasikan di level Jawa Tengah," ujarnya.

Lebih lanjut, Gus Rozin menekankan pentingnya menjaga dan membangun peradaban di Jawa Tengah, sesuai dengan semboyan "Merawat Jagat di Level Jawa Tengah, Membangun Peradaban di Jawa Tengah." Semboyan ini, menurutnya, akan menjadi pedoman utama dalam menjalankan berbagai program dan kegiatan PWNU.

Dalam menjalankan program-program tersebut, PWNU Jawa Tengah juga berkomitmen untuk melaksanakan amanah Konferwil dan meneruskan program-program yang telah dirintis oleh kepengurusan sebelumnya. Gus Rozin menegaskan bahwa pelaksanaan organisasi akan dilakukan dengan mengembangkan visi dan misi kepengurusan secara konsisten.

PWNU Jawa Tengah juga membuka diri untuk berkomunikasi dengan berbagai pihak dalam rangka mengembangkan dan memajukan masyarakat Jawa Tengah. "Insyaallah fokus kita adalah memberdayakan PCNU di manapun, MWCNU di manapun secara bertahap," tuturnya.

Mengakhiri sambutannya, Gus Rozin memohon doa restu dari semua pihak untuk kelancaran dan kesuksesan PWNU Jawa Tengah dalam memberdayakan masyarakat dan Nahdliyin di wilayah tersebut.

Acara pelantikan ini dihadiri oleh sejumlah tokoh penting, termasuk Mustasyar PBNU KH Ahmad Mustofa Bisri, Rais Syuriyah PBNU KH Aniq Muhammadun, Katib Aam KH Akhmad Said Asrori, Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf, Sekretaris Jenderal PBNU H Saifullah Yusuf, dan Bendahara Umum PBNU H Gudfan Arif. 

Hadir juga Wakil Menteri Pertanian Sudaryono, Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sujana, Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Deddy Suryadi, Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah, Ketua Umum MUI Jawa Tengah KH Ahmad Daroji, Kepala Kanwil Kemenag Mustain Ahmad, Ketua Umum Yayasan Unissula Bambang Tei Bawono, dan Rektor Unissula Prof Gunarto.

Pelantikan ini diikuti oleh 2300 undangan dari perwakilan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) dan pengurus Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) se-Jawa Tengah, menandai semangat kebersamaan dan komitmen kuat untuk memajukan Nahdlatul Ulama di Jawa Tengah.


Oleh: Tim Redaksi