Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Semarak Makesta SMK Kyai Gading: Membangun Kader Muda NU yang Tangguh dan Berkarakter


 Jendelapelajar.or.id – Demak, 25 Juli 2024 – Aula Yayasan Kyai Gading pagi ini menjadi saksi antusiasme luar biasa dari para siswa dan siswi baru SMK Kyai Gading dalam acara Masa Kesetiaan Anggota (Makesta) yang diadakan oleh Komisariat IPNU IPPNU SMK Kyai Gading. 


Acara ini menjadi bagian penting dari rangkaian Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) yang sudah menjadi rutinitas di SMK Kyai Gading, khususnya untuk siswa-siswi baru dan pengurus yang belum mengikuti Makesta.


Dengan diikuti oleh sekitar 50 peserta, acara Makesta kali ini diwarnai dengan semangat dan antusiasme yang tinggi. Para peserta tampak bersemangat mengikuti setiap sesi yang dipandu oleh pemateri handal dan profesional dari PAC IPNU IPPNU Mranggen, yang juga merupakan anggota Bidang Jaringan Sekolah dan Pesantren. 


M. Zainal, menyampaikan materi pertama tentang Ke-NU-an dengan penuh semangat. Dalam sesi ini, para peserta diajak untuk lebih mengenal sejarah dan perjuangan Nahdlatul Ulama (NU) serta pentingnya memahami identitas sebagai kader NU yang sejati. M. Zainal berhasil membangkitkan semangat kebangsaan dan keagamaan para peserta melalui penuturan sejarah yang inspiratif.


Sesi kedua diisi oleh Anny Luthfiyah yang membahas tentang Ke-IPNU IPPNU-an. Dalam sesi ini, Anny menjelaskan peran dan tanggung jawab sebagai anggota IPNU IPPNU. Peserta diajak untuk memahami lebih dalam visi dan misi organisasi serta bagaimana menjadi anggota yang aktif dan berkontribusi positif bagi masyarakat.


Cahyono Hatta, menutup rangkaian sesi dengan membahas Amaliyah Nahdliyyah. Dalam materi ini, Cahyono mengajak peserta untuk memahami dan mengamalkan tradisi keagamaan NU dalam kehidupan sehari-hari. Dengan pendekatan yang praktis dan aplikatif, peserta diajak untuk lebih dekat dengan amalan-amalan yang diajarkan dalam NU.


Dalam sambutannya Ketua PAC IPNU Mranggen menyampaikan pesan yang sangat menggugah: “Pemuda masa kini adalah pemimpin di masa depan. Harapannya, kader-kader muda NU dapat menjadi kader yang kuat, cerdas, dan berkarakter sehingga kelak akan menjadi pohon-pohon yang kuat, mampu menjadi pemimpin-pemimpin hebat di masa yang akan datang. 


Acara ini sangat bagus, dan PAC sangat mengapresiasi terlaksananya Makesta Kyai Gading ini. Ini menunjukkan eksistensi IPNU IPPNU serta kepedulian terhadap masa depan NU masih begitu besar.”


Makesta di SMK Kyai Gading kali ini tidak hanya menjadi ajang pengenalan dan pendidikan bagi siswa-siswi baru, tetapi juga menjadi momentum penting dalam membentuk karakter dan semangat kebangsaan para kader muda NU. 


Dengan terlaksananya acara ini, diharapkan para peserta dapat membawa semangat yang didapatkan ke dalam kehidupan sehari-hari dan menjadi kader-kader NU yang tangguh, berkarakter, dan siap memimpin di masa depan.


Pengirim: Muhammad Syamsul Ma’arif